Skip to main content

Ketika Keluargamu Tidak Merestui Pasanganmu

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Saat Anda menjalin hubungan, mungkin penting bagi Anda bahwa keluarga Anda rukun dengan pasangan Anda.

Dan itu sangat masuk akal! Sungguh luar biasa ketika pasangan kita dapat terlibat dalam berbagai bidang kehidupan kita dan bergaul dengan orang lain yang kita sayangi.

Tapi bagaimana jika bukan itu masalahnya? Bagaimana jika orang tua Anda atau anggota keluarga lainnya tidak menyetujui pasangan Anda? Ini bisa sangat sulit. Itu mungkin membuat Anda merasa tidak enak atau terpecah antara keluarga dan pasangan Anda.

Anda mungkin ingin bereaksi defensif dan mungkin marah terhadap keluarga Anda jika mereka memberi tahu Anda bahwa mereka tidak menyetujui pasangan Anda.

Anda bahkan mungkin ingin mengabaikan apa yang mereka katakan dan menutupnya atau merahasiakan hubungan Anda dari mereka. Itu adalah reaksi pertama yang cukup umum, tetapi dapat membantu untuk memikirkan situasi lebih jauh.


Apakah merahasiakan hubungan Anda dari keluarga Anda akan membuat Anda merasa baik dalam jangka panjang? Ini mungkin tampak seperti solusi termudah, tapi ingat: semua hubungan yang sehat dibangun di atas kepercayaan, rasa hormat dan komunikasi, dan itu termasuk hubungan Anda dengan keluarga Anda.

Jika Anda sudah memiliki hubungan yang relatif sehat dengan anggota keluarga Anda (dengan kata lain, Anda merasa aman untuk berbicara dengan mereka dan tidak khawatir mereka menjadi kasar secara verbal atau fisik), dapat membantu untuk mengetahui apa keberatan khusus mereka terhadap Anda. pasangan/hubungan.

Meskipun percakapan mungkin sulit, penting untuk mendekati anggota keluarga Anda dengan tenang dan hormat mungkin.

Tanyakan kepada mereka mengapa mereka memiliki masalah dengan pasangan Anda. Apakah mereka merasa bahwa pasangan Anda terlalu mengontrol? Apakah mereka tidak menyukai cara pasangan Anda berbicara kepada Anda? Apakah mereka berpikir bahwa pasangan Anda tidak menghormati Anda? Mereka mungkin melihat beberapa perilaku tidak sehat pada pasangan Anda yang tidak Anda lihat.

Masih belum yakin? Tanyakan kepada teman Anda apa pendapat mereka tentang pasangan Anda. Apakah mereka memiliki kekhawatiran yang sama dengan keluarga Anda? Jika demikian, luangkan waktu untuk mempertimbangkan apakah perilaku pasangan Anda merupakan tanda peringatan atau tidak.

Jika anggota keluarga Anda tidak dapat memberikan alasan spesifik mengapa mereka tidak menyetujui pasangan Anda, atau jika mereka tidak menyukai ras, agama, orientasi seksual, atau penampilan pasangan Anda, maka situasinya menjadi sedikit lebih sulit.

Tidak menyukai seseorang berdasarkan faktor-faktor ini disebut prasangka, dan itu lebih berkaitan dengan anggota keluarga Anda daripada pasangan Anda.

Bagaimana Anda menangani ini tergantung pada jenis hubungan yang Anda miliki dengan keluarga Anda, apakah Anda masih tinggal bersama mereka, dan seberapa aman Anda merasa dengan mereka. Anda mungkin dengan hormat memberi tahu mereka bahwa meskipun Anda menghargai perasaan mereka, Anda tidak setuju dengan mereka.

Anda dapat menyarankan agar Anda semua mencoba menghabiskan lebih banyak waktu bersama sehingga mereka dapat mengenal pasangan Anda lebih baik.

Jika hubungan tersebut menyebabkan terlalu banyak perselisihan dengan keluarga Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mundur selangkah dan membangun persahabatan dengan pasangan Anda saat Anda menyelesaikan masalah dengan anggota keluarga Anda, jika memungkinkan. Pada akhirnya, yang penting adalah Anda melakukan apa yang paling sehat untuk kamu  dan  hidupmu.

Tulis pendapat mu dan cara menghadapi nya, bagikan pengalaman mu di komen ya... 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar