Skip to main content

Manfaat Teh Hibiscus

Manfaat teh hibiscus

Teh Hibiscus  adalah favorit saat ini, tetapi kemudian, tahukah Anda mengapa?

Simak di bawah ini manfaat utama Teh ini dan informasi lain yang relevan dengan konsumsinya.

Bagaimana cara menyiapkan Teh Hibiscus?

Teh Hibiscus  disiapkan dengan kelopak kuncup bunga kering yang disebut  Hibiscus Sabdariffa  (bukan jenis kembang sepatu yang biasa ditemukan di kebun, ya?). Jika Anda menggunakan bunga dalam jumlah besar, cobalah menghangatkannya sesedikit mungkin untuk menghindari kehilangan khasiatnya. Pisahkan 200 mL air, didihkan, lalu tambahkan 4 hingga 6 gram bunga kering (setara dengan satu sendok teh). Simpan minuman selama tiga menit dalam api dan setelah itu dapat dikonsumsi.

Pedomannya adalah mengkonsumsi hanya satu gelas 200 ml  teh kembang sepatu . Untuk setiap cangkir, harus digunakan 4 hingga 6 gram bunga kering, setara dengan satu sendok teh, atau dua hingga tiga sendok teh.

Dalam porsi yang direkomendasikan (200 mL) dari teh ini, sebagai persentase dari Nilai Harian, nutrisi berikut dapat ditemukan:

–  213 %  vitamin B1

–  123 %  besi;

–  82 %  vitamin C ;

–  15 %  vitamin B2 ; dan

-  5 %  vitamin A .

* Nilai referensi harian untuk orang dewasa berdasarkan diet 2.000 Kkal. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan energi Anda.

Manfaat  Teh Hibiscus :

Minuman ini kaya akan  zat antioksidan seperti  flavonoid  dan  asam organik . Nutrisi ini   memberikan beberapa efek menguntungkan, di antaranya,  tindakan diuretik ,  mencegah retensi cairan , dan kemampuan untuk mencegah  penumpukan lemak , terutama di daerah perut dan pinggul. Studi lain menunjukkan bahwa beberapa  flavonoid  hadir dalam minuman memiliki efek  kardioprotektif  dan  vasodilatasi . Dengan demikian, zat membantu meningkatkan kolesterol baik  , HDL , menurunkan  kolesterol jahat, LDL ,  trigliserida dan tekanan darah.

Mencegah penumpukan lemak :

 Ada sebuah penelitian menyimpulkan bahwa teh ini mampu mengurangi adipogenesis – suatu proses yang terdiri dari pematangan sel di mana sel-sel pra-adiposit menjadi adiposit matang yang mampu menumpuk lemak di dalam tubuh. Dengan mengurangi proses ini,  Teh Hibiscus  berkontribusi untuk mengurangi penumpukan lemak di perut dan pinggul. Belum jelas zat apa yang terkandung dalam minuman yang bertanggung jawab atas manfaat tersebut, namun diyakini bahwa   aksi  antioksidan flavonoid anthocyanin  dan  quercetin  berkontribusi untuk mengurangi timbunan lemak.

Asam organik, seperti sitrat, kembang sepatu dan asam malat, juga memiliki aksi antioksidan dan hadir dalam jumlah yang baik dalam minuman.

Tindakan diuretik : 

Teh kembang sepatu  memiliki  efek diuretik , sehingga merupakan sekutu untuk mencegah  retensi cairan . Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology dari International Society of Ethnopharmacology mencatat bahwa  kuersetin flavonoid yang  ada dalam minuman adalah salah satu  nutrisi  yang membantu memberikan tindakan ini.

Studi lain menyimpulkan bahwa teh bekerja pada  aldosteron , hormon yang disekresikan oleh adrenal yang mengatur keseimbangan elektrolit tubuh mendukung tindakan diuretik. Belum diketahui nutrisi  mana yang  memberikan manfaat.

Sebuah penelitian yang telah menguji 53 pasien diabetes menyimpulkan bahwa konsumsi  teh kembang sepatu  berkontribusi pada penurunan  kolesterol jahat, LDL , dan peningkatan  kolesterol baik, HDL . Minuman tersebut menurunkan  kolesterol LDL  sebesar 8% dan meningkatkan  HDL  sebesar 16,7%. Studi yang sama membandingkan  teh kembang sepatu  dengan teh hitam dan mencatat bahwa yang pertama lebih efektif untuk melawan kolesterol daripada yang kedua. Ini karena warna hitam hanya meningkatkan  HDL,  tetapi menurunkan  LDL .  Teh kembang sepatu  sangat menarik bagi orang yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol karena kaya akan zat dengan  antioksidan tindakan.

Mengontrol Tekanan Darah :

 Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa  Teh Hibiscus  membantu menurunkan  tekanan darah . Penelitian tersebut memiliki 65 pasien yang mengalami penurunan tingkat tekanan darah. Para ilmuwan percaya bahwa beberapa  flavonoid yang  ada dalam minuman akan memberikan manfaat ini dengan menurunkan enzim yang bekerja pada tekanan darah.

Baik untuk otak :

Masih memiliki jumlah  vitamin B1  dan  B2 yang baik . Semua vitamin milik  B kompleks  membantu tubuh kita dalam penyerapan energi dalam sel, terutama untuk membantu  metabolisme  oksigen dan  glukosa , sumber utama bahan bakar seluler. B1  memiliki tindakan ini terutama di neuron, sel yang membentuk otak kita, sedangkan  vitamin B2  ( riboflavin )  menonjol untuk membantu kesehatan kulit, tulang dan rambut.

Selain semua manfaat ini  Teh Hibiscus  juga memiliki jumlah  zat besi yang baik,  yang berperan dalam pengangkutan oksigen dalam tubuh dan mencegah masalah seperti anemia, sakit kepala dan kelelahan; Dari  Vitamin A,  yang memiliki efek antioksidan dan diperlukan untuk visi, sistem kekebalan tubuh, kulit dan kesehatan tulang; Dan  vitamin C , yang melindungi tubuh dari kekebalan yang rendah, penyakit kardiovaskular, penyakit mata dan bahkan penuaan kulit.

Risiko konsumsi Teh Hibiscus berlebihan:

Dengan memiliki tindakan diuretik, terlalu banyak konsumsi  teh kembang sepatu  dapat menyebabkan orang tersebut menghilangkan terlalu banyak elektrolit, nutrisi penting untuk fungsi tubuh yang terutama terdiri dari kalsium, kalium, natrium dan magnesium. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar