Skip to main content

Bronkitis Akut pada Orang Dewasa

Bronkitis

Apa itu Bronkitis Akut?

Bronkitis akut adalah infeksi pada bronkus (tabung udara besar dan sedang) di paru-paru. Infeksi menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan peningkatan produksi lendir di dalam bronkus. Bronkitis biasanya disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan pilek atau flu, meskipun kadang-kadang dapat disebabkan oleh bakteri. Bronkitis akut juga bisa disebut "dingin dada".

Pertanyaan kesehatan umum tentang bronkitis akut meliputi:

  • Siapa yang lebih mungkin terkena bronkitis akut?
  • Apa penyebab bronkitis akut?
  • Apa saja gejala bronkitis akut?
  • Bagaimana bronkitis akut didiagnosis?
  • Apakah bronkitis menular?
  • Apa perbedaan antara bronkitis akut dan kronis?
  • Apakah ada cara untuk mencegah bronkitis?
  • Siapa yang lebih mungkin terkena bronkitis akut?

Bronkitis akut sering terjadi, mempengaruhi hingga 5% orang dewasa setiap tahun. Ini dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun tetapi paling sering terjadi pada bulan-bulan musim dingin yang lebih dingin. Bronkitis akut paling sering terlihat pada bayi, anak kecil, dan manula. Orang yang merokok; yang terpapar asap rokok atau polusi udara yang berlebihan, debu atau iritasi paru-paru; dengan penyakit paru-paru lainnya seperti asma, kanker paru-paru atau COPD, atau dengan kondisi jantung tertentu juga berisiko lebih tinggi terkena bronkitis akut.

Beberapa orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau masalah kesehatan utama lainnya lebih berisiko mengalami masalah parah seperti pneumonia atau gagal napas akibat bronkitis akut. Ini termasuk:

  • Anak muda
  • Orang tua
  • Orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya seperti asma, PPOK, kanker, atau diabetes
  • Orang yang belum diimunisasi untuk flu, radang paru-paru dan batuk rejan.

Apa penyebab bronkitis akut?

85% hingga 95% kasus disebabkan oleh virus, seperti rhinovirus, adenovirus, influenza A dan B, serta virus parainfluenza.

Bakteri dapat menyebabkan bronkitis pada orang dengan masalah kesehatan yang mendasarinya atau memperumit kasus virus yang sudah ada sebelumnya. Mycoplasma pneumoniae , Streptococcus pneumoniae , Haemophilus influenzae , Moraxella catarrhalis , dan Bordetella pertussis paling sering terlibat.

Apa saja gejala bronkitis akut?

Gejala yang paling umum adalah batuk yang mengganggu dan biasanya produktif (mengeluarkan dahak atau dahak). Pada 50% orang, batuk berlangsung kurang dari tiga minggu, tetapi pada 25% batuk dapat bertahan lebih dari 1 bulan. Warna dahak bisa jernih, kuning atau hijau; namun, ini tidak memprediksi apakah infeksi itu virus atau bakteri. Terkadang dahak bisa diwarnai dengan darah. Bronkitis akut biasanya berkembang dalam waktu seminggu setelah pilek atau flu.

Gejala lain mungkin termasuk:

  • Mengi
  • sesak dada
  • Sesak napas
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat
  • Sakit kepala
  • Demam ringan (tidak umum)
  • Merasa lelah

Jika batuk Anda disertai dengan demam tinggi atau berkepanjangan, dapatkan bantuan medis. Demam tinggi dapat mengindikasikan infeksi bakteri yang lebih serius, seperti pneumonia, atau infeksi virus seperti influenza. Pasien yang lebih tua mungkin datang dengan demam ringan tetapi masih menderita pneumonia. Penting untuk meminta dokter memeriksa Anda untuk pneumonia bakteri sekunder, yang mungkin memerlukan antibiotik. Jika influenza didiagnosis dalam waktu 48 jam setelah timbulnya gejala, pengobatan antivirus seperti oseltamivir ( Tamiflu ) atau zanamivir ( Relenza ) mungkin direkomendasikan.

Bronkitis akut bersifat sementara dan biasanya tidak menyebabkan kesulitan bernapas permanen. Rata-rata, orang dewasa dengan bronkitis akut biasanya mengambil cuti dua hingga tiga hari kerja.

Bagaimana bronkitis akut didiagnosis?

Seorang dokter akan mendiagnosis bronkitis akut berdasarkan kumpulan gejala dan riwayat penyakit Anda. Dia akan mengambil riwayat gejala Anda, mendengarkan paru-paru Anda, melakukan pemeriksaan fisik, memeriksa tanda-tanda vital Anda, dan mungkin memerintahkan rontgen dada atau tes darah untuk mencari tanda-tanda infeksi.

Tidak ada tanda-tanda khusus atau pemeriksaan laboratorium yang bersifat diagnostik. Kondisi yang paling penting untuk disingkirkan adalah pneumonia akut.

Spirometri (tes yang mengukur fungsi paru-paru Anda dan seberapa baik Anda dapat menghirup/mengembuskan udara) dapat dilakukan pada beberapa orang, terutama mereka yang memiliki kondisi pernapasan yang mendasarinya seperti asma atau COPD.

Apakah Bronkitis Menular?

Karena bronkitis akut merupakan komplikasi dari infeksi virus, biasanya pilek atau flu, bronkitis akut dianggap menular. Virus ini dengan mudah menyebar dari orang ke orang, terutama selama musim dingin ketika orang-orang biasanya berdekatan satu sama lain.

Namun, pasien dengan asma atau bronkitis kronis yang mengembangkan bronkitis akut sebagai komplikasi dari kondisi utama mereka cenderung tidak menular.

Apa Perbedaan Antara Bronkitis Akut dan Bronkitis Kronis?

Bronkitis kronis adalah kondisi jangka panjang. Untuk didiagnosis dengan bronkitis kronis, Anda harus mengalami batuk dengan lendir hampir setiap hari selama minimal 3 bulan.

Bronkitis kronis merupakan salah satu kondisi yang termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Pasien dengan bronkitis kronis dapat mengembangkan eksaserbasi bronkitis akut.

Bagaimana pengobatan bronkitis akut?

Pada 85% orang, bronkitis akut akan sembuh dengan sendirinya dalam tiga hingga sepuluh hari, meskipun batuk dapat bertahan selama beberapa minggu. Karena kebanyakan kasus adalah virus, antibiotik biasanya tidak diperlukan, atau efektif. Namun; perawatan medis, antibiotik, dan kadang-kadang rawat inap mungkin diperlukan untuk orang dengan penyebab bakteri untuk bronkitis akut mereka, dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya, atau yang telah mengembangkan pneumonia.

Perawatan lain dapat digunakan untuk meredakan gejala Anda, meskipun ini tidak akan menyelesaikan bronkitis yang mendasarinya lebih cepat. Contohnya meliputi:

Dekongestan oral dan hidung seperti phenylephrine , pseudoephedrine , dan oxymetazoline . Ini mengurangi pembengkakan dan peradangan di saluran hidung, memungkinkan lendir mengalir dan lebih banyak aliran udara

Obat batuk ekspektoran , seperti guaifenesin . Ini mengurangi kekentalan atau kekentalan sekret dan meningkatkan aliran lendir, membuatnya lebih mudah dikeluarkan

Pereda nyeri ringan seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin) untuk membantu meredakan sakit tenggorokan atau sakit kepala

Bronkodilator (resep) seperti ipratropium (Atrovent) untuk membuka saluran udara untuk memungkinkan pernapasan lebih mudah. Agonis beta-2 inhalasi, seperti albuterol , dapat dipertimbangkan jika asma juga ada.

Juga baik untuk istirahat dan minum banyak cairan. Beberapa orang mungkin menemukan pelembab udara membantu.

Penekan batuk (dekstrometorfan, kodein, atau benzonatat) umumnya tidak terbukti membantu. 

Jika Anda mengalami gejala baru atau batuk Anda memburuk atau masih ada setelah 3 minggu, hubungi dokter Anda lagi. Pada bronkitis akut, batuk dan sensitivitas saluran napas dapat bertahan hingga 4 hingga 5 minggu, bahkan setelah gejala lain membaik; namun, Anda mungkin memerlukan evaluasi lebih lanjut.

Apakah Ada Cara Mencegah Bronkitis?

Karena bronkitis akut biasanya terjadi sebagai komplikasi dari pilek atau flu, beberapa tindakan pencegahan umum dapat membantu mencegah komplikasi.

Untuk mengurangi risiko terkena infeksi virus, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air dan gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Hindari kontak dekat dengan orang sakit.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda. Virus mudah dipindahkan dari tangan Anda ke bagian tubuh Anda ini.

Dapatkan vaksinasi terhadap virus influenza (flu) setiap tahun pada awal musim gugur di AS Anda juga dapat mempertimbangkan vaksinasi terhadap jenis pneumonia tertentu serta pertusis (batuk rejan) . Apoteker atau dokter Anda dapat membantu Anda menentukan apakah Anda adalah kandidat untuk vaksin ini.

Jangan merokok, dan jauhi asap rokok, debu, polusi, atau bahan kimia.

Sumber

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar