Skip to main content

Contoh Deskripsi Pekerjaan Akuntan

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Akuntan

Contoh Deskripsi Pekerjaan Akuntan

Deskripsi pekerjaan yang ditulis dengan jelas dan efektif dapat membantu Anda menarik kandidat dengan keterampilan dan pengalaman yang Anda butuhkan untuk posisi Akuntan terbuka Anda. Template deskripsi pekerjaan untuk seorang Akuntan ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. 

Tugas dan tanggung jawab akuntan

Akuntan menyiapkan dan memeriksa catatan keuangan, memastikan catatan itu akurat dan pajak dibayar. Berbagai jenis tugas dan tanggung jawab Akuntan mungkin termasuk yang berikut:

  • Merekonsiliasi laporan bank dan buku besar pembukuan perusahaan
  • Menyelesaikan analisis pengeluaran karyawan
  • Mengelola akun pendapatan dan pengeluaran
  • Menghasilkan laporan keuangan perusahaan menggunakan data pendapatan dan pengeluaran
  • Mengecek keuangan perusahaan berdasarkan status keuangan
  • Mengajukan dan mengirimkan pajak dan kewajiban keuangan lainnya
  • Memulai dan mengelola perangkat lunak keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan

Apa yang dilakukan Akuntan?

Seorang Akuntan mengawasi pengelolaan dan pelaporan data keuangan suatu organisasi. Akuntan ditugaskan untuk mempersiapkan, memeriksa dan menganalisis akun perusahaan, catatan keuangan, dan kewajiban keuangan lainnya. Mereka melakukannya untuk memastikan kepatuhan dengan pelaporan keuangan dan prosedur standar lainnya.

Keterampilan dan kualifikasi akuntan

Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, seorang Akuntan harus memiliki keterampilan dan kualifikasi sebagai berikut: 

  • Pengalaman dengan perangkat lunak akuntansi dan entri data
  • Pemahaman yang sangat baik tentang aturan dan prosedur akuntansi termasuk Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP)
  • Pengetahuan dan pengalaman lanjutan tentang spreadsheet
  • Mampu bekerja secara mandiri
  • Kemampuan analisis

Persyaratan pendidikan dan pelatihan akuntan

Posisi Akuntan membutuhkan gelar sarjana di bidang keuangan, akuntansi atau bidang terkait lainnya. Gelar master adalah keuntungan tambahan. Lulusan baru dengan pengalaman magang yang relevan akan bekerja dengan baik dalam peran tingkat awal. Untuk tingkat senior, sertifikasi dan pengalaman yang relevan dalam posisi manajerial merupakan keuntungan tambahan.

Dengan tidak adanya gelar sarjana, beberapa sertifikasi sudah cukup. Seorang Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) dikenakan pelatihan menyeluruh yang melibatkan sejumlah jam tertentu melakukan tugas kuliah, kerja praktek dan ujian tertulis dan lisan. Sertifikasi lain termasuk Akuntan Manajemen Bersertifikat dan Analis Keuangan Bersertifikat (CFA), antara lain.

Persyaratan pengalaman akuntan

Kandidat yang sukses harus memiliki pengalaman dengan perangkat lunak akuntansi dan keuangan dan harus tetap mengikuti tren saat ini. Pengetahuan tingkat ahli tentang bekerja dengan spreadsheet sangat penting. Pengalaman dengan perangkat lunak pengolah kata sangat penting untuk menghasilkan dan menulis laporan untuk pencatatan serta presentasi.

Persyaratan pengalaman lain yang harus dimiliki Akuntan mencakup manajemen keuangan perusahaan dan menyusun anggaran berdasarkan akun pendapatan dan pengeluaran. Pengalaman melakukan audit internal dan eksternal merupakan keuntungan tambahan. Diperlukan pengalaman kerja dengan fungsi buku besar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar